Mencari orang lewat Internet


Jika anda mencoba untuk mencari seseorang secara online, Google bukanlah satu-satunya jasa yang bisa anda gunakan. Dalam dua tahun terakhir, beberapa mesin pencari baru telah bermunculan dan banyak dari mereka yang menawarkan cara yang lebih baik dalam menemukan informasi tentang seseorang dengan menggunakan nama, lokasi atau tempat kerja. Kini anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menemukan teman yang sudah lama tidak berjumpa, mantan kekasih atau bahkan calon kekasih.

Image Hosted by ImageShack.us

Mencari nomor telepon dan alamat dengan ZabaSearch
Carilah alamat dan nomor telepon seseorang dengan ZabaSearch, sebuah mesin pencari orang yang indeksnya memiliki alamat dan nomor telepon seseorang yang terdaftar dan bahkan yang tidak terdaftar (pendirinya mengatakan bahwa semua infromasinya adalah data publik).

Image Hosted by ImageShack.us

MenJelajahi Web Lebih Dalam dengan Pipl
Pipl menggali informasi tentang seseorang yang seringkali terlewati oleh Google. Hasil pencariannya yang luar biasa meliputi halaman web pribadi, halaman MySpace, dan bahkan wishlist Amazon.

Image Hosted by ImageShack.us

Mencari Beberapa situs Sosial dengan Wink
Apakah orang yang anda cari kemungkinan besar memiliki akun di Friendster, MySpace, Twitter atau Xanga? Daripada mencarinya di setiap situs tersebut secara satu-satu, lebih baik anda memasukkan nama mereka dan informasi tambahan lainnya di Wink, yaitu mesin pencari orang untuk semua situs jasa sosial tersebut.

Image Hosted by ImageShack.us

Dapatkan Informasi Pekerjaan: ZoomInfo
ZoomInfo adalah mesin pencari yang berfokus pada dunia pekerjaan. Zoominfo mengumpulkan informasi tentang orang dan perusahaan untuk membantu kandidat menemukan pekerjaan yang tepat. Tapi tool pencari orangnya juga memberikan informasi tentang sejarah pekerjaan seseorang dan jabatan yang sedang didudukinya saat ini.

Temukan Sesuatu Selain Anak Kuliahan di Facebook
Salah satu kegunaan utama Facebook adalah menemukan orang secara online. Bahkan mungkin nenek anda sekarang sudah memiliki akun Facebook. Siapa tahu anda bisa menemukan teman masa kecil anda yang sudah pindah ke kota lain.

Image Hosted by ImageShack.us

Cara Menggunakan Google untuk Mencari Orang
Mungkin untuk selebriti dan bintang lainnya anda cukup mengetikkan namanya di kotak pencarian Google, tapi untuk mencari orang biasa maka anda membutuhkan sedikit tehnik Google yang lebih tinggi.
1. Gunakan tanda kutip ketika mengetikkan namanya di kotak pencarian (misalnya, "John Smith")
2. Masukkan kata lain yang relevan, seperti pekerjaan orang tersebut atau lokasinya (misalnya, manager atau Jakarta, Indonesia)
3. Jika orang yang anda cari mungkin tercantum pada situs web tertentu (misalnya pada situs suatu sekolah) maka lakukan pencarian hanya pada site tersebut dengan menggunakan site:URL (misalnya, site:ucla.edu "John Smith")
4. Untuk mencari orang dari wajahnya, maka lakukan pencarian dengan Google images untuk mendapatkan hasil visual yang cepat.

Image Hosted by ImageShack.us

Akses Mesin Pencari Orang Dengan Extension Who Is This Person?
Dan cara yang terakhir adalah extension Who Is This Person? disini untuk Firefox. Cukup highlight nama seseorang pada halaman web manapun dan dengan extension ini anda bisa memilih untuk mencarinya dengan Wink, LinkedIn, Wikipedia, Facebook, Google News, Technorati, Yahoo Person Search,Spock, WikiYou, ZoomInfo, IMDB, MySpace dan mesin pencari lain dari menunya.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment